Cara Menguatkan Mental di Depan Orang Banyak saat Berbicara, Atasi Demam Panggung. Banyak orang ingin menjadi seorang pembicara publik yang baik dan berani.

Kita bermimpi melangkah dengan percaya diri ke atas panggung untuk memberikan pidato atau presentasi, memecahkan ketegangan dengan lelucon.

Memikat penonton dengan cerita yang menarik, menangani pertanyaan yang paling sulit dengan mudah, dan keluar untuk sorak-sorai serta tepuk tangan.

Tapi kenyataan yang terjadi biasanya jauh melenceng. Seringkali, mental kita goyah dan ketakutan mengambil alih. Kita sudah terbayang tatapan para audiens, lupa dengan dialog kita, diam dengan tatapan kosong, atau kehilangan penonton.

Memang sangat mudah untuk menafsirkan rasa takut berbicara di depan publik sebagai peringatan bahwa ada sesuatu yang salah, dan tanda bahwa kita tidak seharusnya berada di atas panggung sejak awal.

Takut berbicara di depan umum merupakan bentuk umum dari kecemasan. Rasa cemas ini dapat dirasakan mulai dari sedikit gugup hingga ketakutan dan kepanikan yang membuat kita terdiam di atas panggung.

Banyak orang dengan ketakutan ini menghindari situasi berbicara di depan umum, atau mereka akan menderita ketika melakukannya dengan tanda seperti tangan dan suara gemetar. Tetapi sebenarnya, ada cara untuk memperkuat mental dan mempersiapkan diri Anda untuk mengatasi rasa takut ini.

Dilansir dari mayoclinic.org, berikut cara mempersiapkan diri dan cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara.

01 ) Ketahui topik Anda

Ketahui topik Anda Cara Menguatkan Mental

Cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara yang pertama yaitu dengan memahami topik dan materi Anda. Banyak orang yang tiba-tiba mentalnya goyah karena mereka tidak begitu memahami apa yang mereka bicarakan.

Semakin baik Anda memahami apa yang Anda bicarakan — dan semakin Anda tertarik atau peduli dengan topik tersebut — semakin kecil kemungkinan Anda membuat kesalahan atau keluar jalur.

Dan jika Anda keluar dari topik, Anda dapat kembali ke pembahasan utama dengan cepat. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan pertanyaan apa yang mungkin diajukan hadirin dan siapkan tanggapan Anda.

2) Rencanakan dengan baik

Rencanakan dengan baik,Cara Menguatkan Mental

Cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara kedua adalah dengan membuat perencanaan yang baik. Sebelumnya, rencanakan dengan cermat informasi yang ingin Anda sajikan, termasuk alat peraga, alat bantu audio atau visual apa pun.

Semakin terorganisir persiapan Anda, Anda jadi semakin percaya diri dan tidak mudah gugup. Gunakan garis besar pada kartu kecil agar tetap pada jalurnya. Jika memungkinkan, kunjungi tempat di mana Anda akan berbicara dan tinjau peralatan yang tersedia sebelum presentasi.

3) Berlatih, dan berlatih lagi

Berlatih, dan berlatih lagi Cara Menguatkan Mental
Berlatih, dan berlatih lagi

Cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara yang ketiga adalah dengan rajin berlatih. Cara ini sangat efektif untuk membangun mental dan kepercayaan diri banyak orang.

Latih presentasi Anda beberapa kali. Lakukan pada beberapa orang yang membuat Anda nyaman dan mintalah umpan balik dari mereka. Mungkin juga bermanfaat untuk berlatih dengan beberapa orang yang kurang Anda kenal. Atau Anda juga bisa membuat video presentasi sehingga Anda dapat menontonnya dan melihat mana yang perlu diperbaiki.

4) Tantang kekhawatiran tertentu

Challenge certain worries

Cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara yang keempat yakni dengan menantang ketakutan Anda sendiri. Ketika Anda takut akan sesuatu, Anda akan melebih-lebihkan kemungkinan hal-hal buruk terjadi. Buat daftar kekhawatiran spesifik Anda. Kemudian tantang rasa khawatir itu secara langsung dengan identifikasi kemungkinan dan hasil alternatif serta bukti objektif apa pun yang mendukung setiap kekhawatiran atau kemungkinan hasil yang Anda takutkan akan terjadi.

5) Visualisasikan kesuksesan Anda

visualize your success

Cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara yang kelima yaitu dengan membayangkan kesuksesan Anda di panggung. Bayangkan presentasi Anda akan berjalan dengan baik. Pikiran positif dapat membantu mengurangi beberapa hal negatif tentang kinerja sosial Anda dan mengurangi kecemasan.

Jika Anda ingin merasa lebih tenang saat berada di atas panggung, cobalah melakukan pernapasan dalam. Cara ini bisa sangat menenangkan. Ambil dua atau lebih napas dalam dan lambat sebelum Anda naik ke podium dan selama pidato Anda.

6) Fokus pada materi, bukan pada audiens

Fokus pada materi, bukan pada audiens

Cara menguatkan mental di depan orang banyak saat berbicara yang berikutnya adalah dengan berfokus pada materi yang Anda bawakan, bukan pada audiens. Orang-orang akan lebih memperhatikan informasi baru, bukan bagaimana informasi itu disajikan.

Mereka mungkin tidak menyadari rasa gugup Anda. Jadi, bersikaplah kembali tenang dan sampaikan materi Anda dengan lancar seperti yang Anda latih sebelumnya.4 dari 4 halaman

7) Jangan takut akan keheningan sesaat

Jangan takut akan keheningan sesaat

Jika Anda lupa dengan apa yang Anda katakan, atau mulai merasa gugup dan pikiran Anda kosong, mungkin Anda akan merasa seperti telah berdiam diri selama-lamanya. Pada kenyataannya, situasi itu mungkin hanya beberapa detik.

Meskipun lebih lama, audiens juga tidak akan keberatan untuk berhenti sejenak untuk mempertimbangkan apa yang Anda katakan. Ambil saja beberapa napas lambat dan dalam agar mental Anda lebih tenang.

7) Kenali kesuksesan Anda

Kenali kesuksesan Anda

Setelah pidato atau presentasi Anda, beri tepukan pada diri Anda. Ini mungkin tidak sempurna, tetapi kemungkinan besar Anda jauh lebih kritis terhadap diri sendiri daripada audiens. Lihat apakah ada kekhawatiran spesifik yang Anda pikirkan sebelumnya benar-benar terjadi. Semua orang membuat kesalahan. Lihatlah setiap kesalahan yang Anda buat sebagai kesempatan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

8) Dapatkan dukungan / Cara Menguatkan Mental

Dapatkan dukungan

Bergabunglah dengan grup yang menawarkan dukungan untuk orang-orang yang mengalami kesulitan berbicara di depan umum. Atau, Anda bisa mencari dukungan melalui orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, atau pasangan.